Anggota Pusdalops BPBD yang di hadiri Yanuar Setiawan selaku kasi kedaruratan BPBD kabupaten Ngawi mengikuti Bimtek Peningkatan kapasitas guna dapat menyajikan data yang akurat dan cepat sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam tindak lanjut melakukan penanganan bencana. Kegiatan Bimtek dilaksanakan tanggal 29 sampai tanggal 31 Mei 2023 di Lawang Malang

Sebanyak 2 orang anggota Pusdalops Kabupaten Ngawi mengikuti kegiatan ini. Petugas pusdalops bertugas menyelenggarakan sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana. Pusdalops juga mempunyai Fungsi Pengolahan data, analisis dan diseminasi informasi darurat bencana; Penyiapan koordinasi penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengendalian operasi penanganan darurat bencana; Penyusunan rencana operasi penanganan pada saat siaga darurat, tanggap darurat, dan transisi darurat ke pemulihan; Penyusunan rekomendasi operasi penanganan bencana ; dan Penyusunan koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi penanggulangan bencana lintas sector.

Diharapkan setelah mengikuti bimtek peningkatan kapasitas ini, semua anggota pusdalops BPBD Kabupaten Ngawi bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai bahan pertimbangan atasan dalam mengambil keputusan disaat darurat bencana terjadi.