BPBD Ngawi Menghimbau Waspada Cuaca Buruk di Ngawi saat Pancaroba

Kabupaten Ngawi diprediksi akan memasuki musim hujan pada dasarian awal bulan Desember yakni di tanggal 1 hingga 10 Desember 2023. Sebelum itu, Ngawi masih akan memasuki pancaroba. Masyarakat diimbau mewaspadai cuaca buruk dampak pancaroba.

“Jadi mulai awal Desember, sudah memasuki musim hujan, namun kita tahu biasanya sebelum musim hujan biasanya ada musim pancaroba. Nah, itu cuacanya biasanya kadang hujan kadang cerah. Dan itu untuk di Kabupaten Ngawi terjadi bulan November, Menyambut datangnya musim pancaroba hingga musim penghujan, Prilla Yudha Putra,S.H,M,Si selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ngawi mengimbau agar masyarakat, khususnya di Kab Ngawi bisa turut melakukan mitigasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan angin kencang yang berpotensi terjadi.

Kami mengimbau untuk masyarakat, sebelum memasuki masa pancaroba di bulan November agar membersihkan lingkungan sekitarnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi. Yang biasanya berpotensi di Ngawi adalah banjir dan pohon tumbang akibat angin kencang,

BPBD Kab Ngawi juga mengimbau masyarakat melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar, terutama aliran drainase agar tidak tersumbat dengan kotoran, lumpur, hingga sampah. Ini bisa dilakukan air bisa mengalir dengan lancar.

“Dan bagi warga yang memiliki pohon yang sekiranya usianya sudah tua dan lapuk agar mungkin dirapikan dahannya, dipangkas. Ataupun jika kalau kondisinya memang sudah rawan tumbang sebaiknya untuk ditebang dan diganti dengan pohon yang baru.

Sumber : Pusdalops PB BPBD Ngawi.