Pemandangan tak biasa tampak lapangan Alun Alun kabupaten Ngawi, TKIT Harapan Umat (HARUM) Ngawi mengadakan “Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Banjir” pada hari ini, Kamis (25/05/2023). Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi dan PMI Kabupaten Ngawi, kegiatan ini merupakan edukasi dan simulasi tanggap bencana banjir untuk seluruh para siswa dan guru.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi bahaya banjir, dan dampaknya di lingkungan tempat tinggal Selanjutnya, para siswa dan guru mensimulasikan tanggap bencana banjir. Mulai dari menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi, berjalan menuju ke tempat evakuasi, hingga berkumpul di tempat penampungan korban.

Anak-anak juga belajar simulasi menaiki perahu penyelamat yang dipakai tim BPBD. Mereka belajar bagaimana mendayung yang benar bila terjadi bencana banjir.

Sementara itu, Agung Prasetyo Dwi Nugroho selaku kasi logistik BPBD Ngawi, menjelaskan, “Kami berharap anak-anak dapat mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam menghadapi bencana banjir. Dari pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.”dan penting menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah di bantaran sungai supaya tidak menimbulkan banjir