BPBD Kabupaten Ngawi Melaksanakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Gedung Bertingkat di Kantor Pajak Ngawi

Peristiwa bencana gempa bumi yang sering terjadi di berbagai wilayah patut dijadikan refleksi sejumlah daerah. Tak terkecuali Kabupaten Ngawi Sehingga upaya mitigasi bencana untuk meminimalkan korban jiwa dampak bencana alam itu perlu dilakukan.

Seperti yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab Ngawi menyosialisasikan mitigasi bencana gempa yang di laksanakan di Kantor Pajak Pratama Ngawi

Ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat ketika terjadi gempa bumi. Khususnya, di gedung-gedung tinggi atau bertingkat yang memiliki risiko besar,’’ kata Prajitno selaku Kepala Bidang Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab Ngawi

Pihaknya menyampaikan materi terkait penanganan gempa bumi. Mulai evakuasi mandiri hingga pertolongan pertama bagi para korban. Pun, memberikan edukasi dampak gempa bumi. ‘’Semaksimal mungkin kapasitas dan simulasi penanganan kami edukasikan ke masyarakat,’’ ujarnya.

Jika terjadi gempa, masyarakat harus segera meningalkan gedung atau menjauh dari bangunan yang berpotensi roboh. Saat hendak mengevakuasi diri sendiri atau orang lain, dilarang menggunakan elevator. ‘’Kami juga mengimbau pengelola gedung bertingkat menyediakan akses atau jalur evakuasi,’’ tuturnya.

Sumber Pusdalops PB BPBd