Antisipasi Banjir, Pemkab Ngawi Gugur Gunung Resik-Resik Kali Brangol

 Pemkab Ngawi gugur gunung resik-resik kali brangol, di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati Jumat (19/1) pagi lalu. 

Setidaknya 100 personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub) ikut turun langsung ke lapangan. Juga seratusan masyarakat ikut kegiatan kerja bakti tersebut.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, mengatakan bahwa kegiatan gugur gunung yang dilakukan di Desa Brangol, Karangjati merupakan antisipasi banjir yang kerap dikeluhkan masyarakat setempat. Sebab setiap kali hujan deras, sering terjadi banjir.

“Gugur gunung atau kerja bakti Desa Brangol, Karangjati berawal dari keluhan masyarakat ketika hujan deras satu jam itu saja sudah ada luapan air yang menggenangi jalan,” kata Ony.

Ony menjelaskan, permasalahan banjir di Desa Brangol disebabkan oleh sedimentasi di jaringan irigasi dan drainase di tepi jalan kabupaten. Oleh karena itu, pemerintah daerah bersama warga desa melakukan pengerukan sedimentasi tersebut. Pihaknya menurunkan satu alat berat dan empat truk untuk mengangkut sedimen tanah tersebut

Ony berharap, dengan kegiatan gugur gunung ini, masalah banjir di Desa Brangol dapat teratasi. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi banjir lagi.

Sumber : Jawa Pos Radar Lawu

PUSDALOPS-PB NGAWI.